Pasar Hewan Situbondo

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo dalam rangka pemantauan lalu lintas ternak kegiatan salah satunya adalah pemantauan, penyuluhan, pengobatan dan penerbitan SKKH ( Surat Keterangan Kesehatan Hewan ) di Pasar Hewan seluruh Situbondo. Pasar Hewan di Situbondo antara lain Pasar Hewan Besuki ( Seninan), Pasar Hewan Situbondo ( Sabtuan ), dan Pasar Hewan Asembagus ( Kamisan ). Kegiatan Lalu Lintas Ternak di Pasar Hewan di Situbondo dilakukan setiap dua ( 2 ) kali dalam sebulan.

Lalu Lintas Ternak di Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dilaksanakan oleh Bidang Kesehatan Hewan dan Mavet dan dilakukan oleh dokter hewan.

Asal sapi di PH Situbondo utamanya dari Seluruh Wilayah Situbondo terutama daerah lumbung ternak yaitu di Kec Jangkar dan Kec. Asembagus, dan Wilayah Bondowoso perbatasan Situbondo seperti Tapen dan sekitarnya, bahkan asal sapi hingga Banyuwangi dan Sapi Madura dari pulau Kangean dan Sapudi.

Tujuan sapi dari PH di Situbondo umumnya dari Kota Sekitar Situbondo seperti Probolinggo, Banyuwangi, Lumajang, Bondowoso. Tujuan Sapi dari PH Situbondo paling jauh hingga Bojonegoro dan Jawa Tengah, bahkan ada yang langganan hingga sampai Bandung yang kami temui pengusahanya Namanya Pak Ridwan. Sapi yang  dikirim ke Wilayah Jauh Seperti Jawa Tengah dan Bandung umumnya Sapi Pedet Jantan, umumnya untuk penggemukan sapi.

20190429_10513220190429_10513720190429_105140

Leave a comment